FAKTOR PERILAKU ORGANISASI YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
Kata Kunci:
Perilaku Organisasi, Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat.Abstrak
Perilaku organisasi merupakan studi yang berkenaan dengan perilaku Sumber Daya Manusia dalam organisasi. Perilaku Sumber Daya Manusia dalam organisasi mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kualitas layanan publik. Pelayanan publik ini dilakukan
pada instansi pemerintah maupun swasta. Indikator dari pelayanan publik ini adalah Indeks Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode literatur review (kajian literatur) yang berkaitan dengan perilaku organisasi dan pelayanan publik. Pendekatan
penelitian ini menggunakan simplified approach. Metode simplified approach ini merupakan bagian dari penelitian literatur review (kajian literatur) dengan mengelompokkan tema dari literatur yang berkaitan dengan perilaku organisasi dan pelayanan publik. Kriteria inklusi dari penelitian ini adalah jurnal berbahasa Indonesia dan Inggris, tema jurnal berkaitan dengan perilaku organisasi dan kualitas pelayanan, dan tahun jurnal penerbitan dari tahun 2012-2022 dan kriteria eksklusi adalah tahun penerbitan jurnal
sebelum tahun 2012 dan tema yang tidak berkaitan dengan perilaku organisasi dan kualitas pelayanan. Hasil pengkajian literatur menunjukkan bahwa perilaku organisasi mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kualitas layanan publik. Faktor perilaku organisasi yang berpengaruh terhadap peningkatan kualitas layanan adalah kepemimpinan, mood dan emosi, kepuasan terhadap pekerjaan dan motivasi. Untuk itu, disarankan suatu organisasi layanan dapat memilih tipe kepemipinan yang tepat sesuai dengan karakteristik organisasi.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 ANDRAGOGI : JURNAL PENDIDIKAN ORANG DEWASA

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

