FAKTOR PERILAKU ORGANISASI YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Penulis

  • Reza Ashari Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Kata Kunci:

Perilaku Organisasi, Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat.

Abstrak

Perilaku organisasi merupakan studi yang berkenaan dengan perilaku Sumber Daya Manusia dalam organisasi. Perilaku Sumber Daya Manusia dalam organisasi mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kualitas layanan publik. Pelayanan publik ini dilakukan
pada instansi pemerintah maupun swasta. Indikator dari pelayanan publik ini adalah Indeks Kepuasan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode literatur review (kajian literatur) yang berkaitan dengan perilaku organisasi dan pelayanan publik. Pendekatan
penelitian ini menggunakan simplified approach. Metode simplified approach ini merupakan bagian dari penelitian literatur review (kajian literatur) dengan mengelompokkan tema dari literatur yang berkaitan dengan perilaku organisasi dan pelayanan publik. Kriteria inklusi dari penelitian ini adalah jurnal berbahasa Indonesia dan Inggris, tema jurnal berkaitan dengan perilaku organisasi dan kualitas pelayanan, dan tahun jurnal penerbitan dari tahun 2012-2022 dan kriteria eksklusi adalah tahun penerbitan jurnal
sebelum tahun 2012 dan tema yang tidak berkaitan dengan perilaku organisasi dan kualitas pelayanan. Hasil pengkajian literatur menunjukkan bahwa perilaku organisasi mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kualitas layanan publik. Faktor perilaku organisasi yang berpengaruh terhadap peningkatan kualitas layanan adalah kepemimpinan, mood dan emosi, kepuasan terhadap pekerjaan dan motivasi. Untuk itu, disarankan suatu organisasi layanan dapat memilih tipe kepemipinan yang tepat sesuai dengan karakteristik organisasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

02-12-2022

Cara Mengutip

Ashari, R. . (2022). FAKTOR PERILAKU ORGANISASI YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN PUBLIK. ANDRAGOGI : JURNAL PENDIDIKAN ORANG DEWASA, 10(2), 124–134. Diambil dari https://andragogi.babelprov.go.id/index.php/bkpsdmd/article/view/133